Kampung Naga Tasikmalaya, Sejarah dan Pesona Budaya Unik

Kampung Naga Tasikmalaya - Selain dikenal dengan ragam kerajinannya seperti anyaman, mendongan  dan batik tulisnya kabupaten tasikmalaya juga dikenal dengan keindahan alamnya yang menawan, terdapat beragam tempat wisata yang menarik seperti pantai, pegunungan dan Goa yang memiliki pemandangan istimewa yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke tasikmalaya, dikesempatan kali ini matajatim.com akan mengulas tentang salah satu wisata budaya yang unik yang dikenal dengan Julukan Kampung Naga, berkunjung ke Kampung Naga ini akan memberikan sensasi tersendiri dibandingkan wisata lainnya, Kampung Adat yang disebut kampung naga ini masih terjaga kelestariannya dimana masyarakat di kampung tersebut masih memegang erat tradisi dan adat istiadat  leluhur mereka, dan uniknya lagi hampir semua rumah adat di kampung tersebut memiliki desain, ukuran dan menghadap kearah yang sama.

Wisata Kampung Naga
Wisata Kampung Naga
Budaya kampung Naga Tasikmalaya
Budaya kampung Naga Tasikmalaya

Sejarah Kampung Naga
Meski terdengar cukup mengerikan namun kampung tersebut tidak ada hubungannya dengan seekor naga, itu hanyalah sebuah nama  saja. Warga kampung naga sendiri menyebutkan sejarah kampungnya dengan istilah “Pareum Obor”, jika di artikan dalam bahasa Indonesia artinya, Mati, Gelap. Dan obor sendiri berarti penerangan atau cahaya, jika di terjemahkan secara singkat artinya “matinya penerangan”
Adapun versi sejarah yang tertulis di media kompas.com menyebutkan, konon pada masa kewalian sunan gunung jati, ada seorang abdinya yang bernama Singaparana yang ditugaskan untuk menyebarkan agama islam ke sebelah barat, dan pada ahirnya sampai di Daerah Neglasari dan di tempat tersebutlah sang Abdi bersemedi dan dalam persemediannya mendapatkan petunjuk dia harus mendiami suatu tempat yang kini disebut dengan Kampung Naga.
Pemandangan Kampung Naga
Pemandangan Kampung Naga
Wisata Menarik Lainnya : Istimewaa!! Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Lokasi /Alamat Kampung Naga
Kampung naga ini berlokasi di Desa Naglasari, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya cukup strategih hingga bisa dengan mudah ditemukan, lokasinya tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan garut dengan kota tasikmalaya, kampung naga ini berada di lembah yang sangat subur dan dibatasi oleh hutan keramat, disebut keramat karena dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat kampung naga tersebut.

Akses/rute menuju kampung naga
Rumah Adat Kampung Naga
Rumah Adat Kampung Naga
(Rute via tempatwisatadijawabarat.com)

Jika dari Jakarta ke Kampung Naga
Tol Jakarta-Cikampek -> pada KM. 67 menuju Tol Purbaleunyi (Cipularang) -> Gerbang Tol Cileunyi -> Keluar Cileunyi dilanjutkan menuju Nagreg -> menuju arah Garut Kota -> ke arah Cilawu -> Lokasi Kampung Naga.

jika dari Bandung ke Kampung Naga
Dari Kota Bandung menuju Cileunyi -> Rancaekek -> lanjut ke arah Nagreg > - arah Leles dan Garut Kota -> lalu ke Cilawu -> sampai di Kampung Naga.



jika Dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur melalu Cirebon
ke Cirebon -> Cilimus -> lalu ke Kuningan -> melewati Waduk Darma -> dilanjutkan ke Cikijing -> Kawali -> ke daerah Ciamis Kota -> melewati Sindang Kasih -> lalu ke Tasikmalaya Kota -> Mangkubumi -> Singaparna -> Mangunreja -> Salawu -> dan sampailah di Kampung Naga.




Baca Juga : Situ Patenggang, mitos dan sejarah batu cinta di pulau asmara


Selain dikenal dengan budaya nya yang unik kampung naga ini juga memiliki view pemandangan alam yang istimewa, pemandangan rumah adat yang unik yang dihiasi dengan pemandangan hijau perbukitan dan udaranya yang sejuk akan membuat siapasaja betah saat berada di kampung tersebut, so..bagi anda yang berencana berlibur ke jawabarat sangat disayangkan jika melewatkan kampung budaya tersebut.
Demikianlah infoemasi tentang Kampung Naga Tasikmalaya, Sejarah dan Pesona Budaya Unik, semoga bermanfaat..
(referensi gambar tripadvisor.com)

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top