Candi Borobudur, Informasi Letak dan Sejarah

Candi Borobudur, mendengar namanya pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, sebuah candi Buddha yang berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama buddha mahayana pada tahun 800-an masehi (masa pemerintahan wangsa syailendra), candi Borobudur ini merupakan kuil buddha terbesar di dunia, jadi tidak heran jika candi ini banyak dikunjungi para wisatawan dari mancanegara, dan candi borobudur ini diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991, selain menjadi budaya dunia candi Borobudur ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan banyak di minati para wisatan dunia. Dan dikesempatan kali ini matajatim akan membahas tentang apasaja yang bisa dilakukan  ketika berlibur ke Borobudur dan beragam keindahan lainnya yang bisa di nikmati saat berada di wisata tersebut.
Candi Borobudur
Candi Borobudur

Letak/Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur ini berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Kisaran 100km di sebelah barat daya semarang dan 86km di sebelah barat Surakarta.

Lokasi candi Borobudur ini juga di kenal dengan julukan candi tiga serangkai, karena di kawasan tersebut juga terdapat candi lainnya yaitu candi Mendut dan Candi Pawon yang berbujur membentang dalam satu garis lurus, dan ketiga candi tersebut (candi Borobudur-mendut-pawon)memiliki kemiripan langgam arsitektur dan ragam hiasnya, hal tersebut membuktikan bahwa candi tersebut berasal dari priode yang sama dan memperkuat adanya keterkaitan ritual antara ke-tiga candi tersebut.

Danau Purba
Keberadaan candi Borobudur ini cukup unik dibandingkan dengan candi lainnya, yaitu berada di ketinggian 265 m (869 ft) dari permukaan laut, dan hal tersebut menjadi bahan perdebatan yang hangat di kalangan arkeolog pada abad ke-20, yang menghasilkan dugaan bahwa Borobudur di bangun di tepi bahkan di tengah danau.

Baca Juga: Kisah Candi Prambanan dalam Misteri Roro Jonggrang

Aktivitas Menarik Di Candi Borobudur
Selain dikenal dengan Candi Buddha Paling Besar di dunia, Borobudur juga banyak diminati para wisatawan sebagai tujuan untuk mengisi liburannya, apasaja sih yang bisa di lakukan di komplek candi tersebut?
Jika anda menyukai tentang Seni, Sastra dan Budaya, maka menginjakkan kaki di wisata Borobudur ini anda bisa mendalami sebuah panel relief yang mengandung sebuah cerita/kisah yang tergambar di dinding candi tersebut, jika anda kurang mengerti bisa menggunakan jasa pemandu yang tersedia di wisata tersebut. aktivitas lainnya yang banyak di lakukan para wisatawan saat bedarada di Borobudur ini yaitu berfoto-foto, banyak skali obyek foto-foto keren yang akan membuat anda terkesima, selain itu candi di lokasi candi ini memiliki view sunset dan sunrise yang special dan banyak ditunggu-tunggu para pengunjungnya.

Keindahan Candi Borobudur
Keindahan Candi Borobudur
Keindahan Candi Borobudur
 
Berjalan kaki menyusuri indahnya komplek candi Borobudur sangatlah menyenangkan, pelataran hijau yang menyejukkan akan membuat anda fress, selain itu terdapat juga penyewaan sepeda buat anda yang ingin bersepeda di area komplek tersebut, bagi anak-anak juga tersedia kereta kelinci, andong dan masih banyak lainnya yang bisa anda nikmati di lokasi wisata Borobudur tersebut.
Bagi anda yang datang di hari-hari tertentu, seperti hari libur/hari besar maka anda bisa menikmati suguhan ragam kesenian seperti tari dan lainnya, beragam souvenir pun bisa anda temukan dengan mudah di area wisata tersebut.

Sejarah Singkat Candi Borobudur
Tidak ditemukan bukti tertulis tentang siapakah dan apa kegunaannya candi Borobudur ini dibangun, namun diperkirakan berdasarkan perbandingan antara jenis aksara yang berada di kakitertutup karmawibhanggadengan jenis aksara yang lazim di gunakan pada abad ke-8 dan ke-9 dan candi tersebut di perkirakan dibangun pada tahun 800 masehi, Kurun waktu ini sesuai dengan kurun antara 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah,[22] yang kala itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75 - 100 tahun lebih dan benar-benar dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Mitos Kunto Bimo
Arca Kunto bimo
Arca Kunto bimo (via sriwahyuniwulandari.blogspot.com)
 
Candi Borobudur memiliki beberapa mitos yang beredar di masyarakat maupun wisatawan, dan mitos yang paling populer yaitu Kunto Bimo, yaitu sebuah mitos barang siapa yang menyentuh bagian tertentu dari arca dalam stupa yang berada di sebelah kanan teras lingkaran yang pertama, maka segala angan/doanya terkabulkan, dan bagian tersebut yang dirogoh adalah posisi tangan atau mudra untuk pria, dan telapak kaki untuk wanita.


Mitos Singo Urung
singo urung borobudur
singo urung borobudur
 
Selain mitos kunto bimo candi ini juga dikenal dengan mitos singa urung yaitu sebuah sebutan untuk sepasang  arca singa yang ada di sebelah kanan kiri tangga, menurut mitos yang beredar “sepasang kekasih yang melewati diantara patung singa tersebut maka hubungannya tidak akan sampai pada jenjang pernikahan. Urung dalam bahasa jawadapat diartikan (gagal)

Wisata Menarik Lainnya: Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Penginapan di Borobudur

Untuk fasilitas di area borobudur ini juga sangat lengkap, bagi anda yang ingin berlama-lama liburan di borobudur jangan kuatir untuk penginapan/hotel bisa anda dapatkan dengan mudah mulai dari yang biasa hingga yang istimewa.

Demikianlah informasi tentang wisata candi borobudur lengkap dengan letak dan sejarahnya, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..

Sangat berterimakasih sekali jika pengunjung yang terhormat membagikan artikel ini dengan cara klik share di bawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top