Kampung Coklat, Wisata Edukasi Nge-hits di Blitar

Kampung Coklat merupakan destinasi wisata baru di blitar yang sedang naik daun dan dibanjiri oleh para wisatawan local maupun luar kota,  hal tersebut tak lain karena memang wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan dan fasilitas yang sangat menarik dan memanjakan, tidak hanya pemandangan hijau kebun coklat saja, aneka sajian serba cokelat juga tersedia di wisata tersebut, seperti ice coklat, ice cream coklat, mie coklat dan masih banyak menu lainnya yang bisa anda nikamati di tengah dilokasi tersebut.
Kampung Coklat Blitar
Kampung Coklat Blitar (via www.blitarkab.go.id)

Sejarah Kampung Coklat
Berikut kutipan sejarah dari website resminya kampungcoklat.com
Flu Burung
Berawal saat peternakan ayam petelur milik Bapak Kholid Mustofa (Pimpinan Kampung Coklat) mengalami kerugian besar akibat terjangkit virus Flu Burung pada tahun 2004.

Inspirasi Kebun Kakao
Kebun seluas 750m2 milik keluarga yang sudah ditanami Kakao sejak tahun 2000 menjadi inspirasi awal. Ketiadaan pekerjaan dan tuntutan ekonomi mengantar Bapak Kholid Mustofa lebih fokus di kebun kakau tersebut.

Kakao Rp. 9.000,-/KG
HAsil panen Kakao pertama dijual ke Sumberpucung dengan harga Rp. 9.000,- / KG. Harga tersebut menjadi motivasi, beliau berfikir; “Yang tidak dirawat saja bisa laku segitu apalagi jika dirawat”, Akhirnya beliau memutuskan untuk mendalami budidaya kakao dengan magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember.

Gapoktan Guyub Santoso
Setelah mengikuti magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember, akhirnya beliau menekuni budidaya kakao dengan mengajak beberapa rekan yang kemudian membentuk Gapoktan Guyub Santoso.

Gapoktan Guyub Santoso berdiri sejak 1 Januari 2005. Pada perkembangannya Gapoktan Guyub Santoso membentuk badan hukum UD, CV dan KSU yang kesemuanya bernama Guyub Santoso dan bergerak di bidang pemasaran biji Kakao baik di pasar regional, nasional maupun ekspor.
Olahan
Gapoktan Guyub Santoso melakukan pengembangan dengan memulai memproduksi olahan coklat sejak tahun 2013. Coklat dengan cita rasa original ber-merk GuSant menjadi produk unggulan Guyub Santoso.
kebun coklat
kebun coklat

Lokasi/Alamat Kampung Coklat

Wisata kampong coklat ini berlokasi di Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia.
Aktivitas Menarik di Kampung Coklat
Liburan bersama keluarga ke  kebun coklat di blitar ini sangatlah mengasyikkan selain bisa merefres pikiran, anda dan keluarga juga bisa menambah wawasan tentang budidaya kakau, pembenihan, panen hingga proses pengolahan menjadi coklat dan yang tidak kalah menariknya anda juga bisa mencicipi hidangan serba coklat yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lainnya, bagi pengunjung yang ingin membawa pulang aneka olahan cokelat juga tersedia di tempat ini, anda bisa mendapatkannya di minimarket seperti coklat murni, permen, brownis dan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.

Wisata Menarik Lainnya di Blitar:  Kedung Entong Blitar, Air Terjun Cantik yang Tersembunyi

Harga Tiket Kampung Coklat
Wisata kampong coklat ini menyediakan beberapa paket wisata dengan menu-menu yang berbeda, untuk info tiket bisa anda lihat di gambar berikut..
Harga Tiket kebun Coklat Blitar
Harga Tiket kebun Coklat Blitar
Wisata ini juga menyediakan sewa tempat untuk acara rapat, ulang tahun, maupun reuni dengan tempat yang nyaman dan sejuk..

Demikianlah informasi tentang wisata kampung coklat di blitar, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..

Sangat berterimakasih sekali jika pengunjung yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top