Masjid Perut Bumi (bawah tanah), Wisata Religi Menakjubkan di Tuban

Masjid Perut Bumi yang juga di kenal dengan Goa Perut bumi ini merupakan sebuah pondok pesantren yang berada di bawah tanah yang sekaligus menjadi wisata religi yang ramai dikunbjungi para wisatawan. Nama resmi dari pesantren tersebut ialah Pesantren Syeh Maulana Maghrobi yang mana nama tersebut di ambil dari nama seorang wali yang dulunya pernah singgah di tanah jawa.
Masjid dan ponpes bawah tanah tuban
Masjid dan ponpes bawah tanah tuban (via gotuban.blogspot.com)

Pondok pesantren perut bumi ini memiliki desain yang sangat unik, jika anda berkunjung ke pesantren bawah tanah ini anda akan disambut dengan pintu yang terukir tulisan kaligrafi yang berpadu dengan aksara jawa yang terlihat begitu indah, pintu masuk berupa lorong dan setelah sampai di dalamnya anda akan dikejutkan dengan pemandangan yang menawan yaitu adanya sebuah masjid yang dikenal dengan nama Masjid Ashbabul Kahfi yang mana nama dari masjid tersebut diambil dari nama tokoh ulama’ islam yang dikisahkan dalam alqur’an. Nuansa religi di wisata goa perut bumi ini sangat terasa karena memang terdapat pondok pesantren didalamnya namun wisata ini terbuka bebas tidak hanya umat islam tapi ada juga umat hindu, Kristen, konghucu yang singgah untuk menikmati suasana dan keindahan wisata ini. Tidak hanya kemegahan masjid yang berada di dalam goa yang akan membuat mata terkagum, goa yang memiliki luas mencapai 3 Ha tersebut di percantik dengan stalagtit dan stalagmite yang tersusun di dinding goa tersebut.
Masjid perut bumi
Masjid perut bumi (via gallery.indonesiaimages.net)


Lokasi Masjid Bawah Tanah
 Masjid Perut Bumi ini berlokasi di Jalan Gedongombo, Semanding, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Indonesia.


Wisata menarik lainnya :  
Sejarah Singkat Pondok Bawah Tanah Pesantren Syeh Maulana Maghrobi
Awal mulanya goa ini merupakan tempat pembuangan sampah, namun berkat kyai subhan goa tersebut menjadi sebuah ponpes dan tempat wisata religi yang kini populer dan banyak dikunjungi para wisatawan, menurut dari berbagai sumber mulanya kyai subhan mendapat bisikan untuk merawat goa tersebut dan  karena hal itulah kyai subhan bersikeras membangun masjid dan ponpes meski pada saat itu mengalami banyak kendala seperti izin pembangunan dan hal lainnya, selain mengandalkan biaya sendiri pembangunan tersebut di bantu oleh beberapa donator dan para tamu jamah yang menyumbang untuk kelangsungan pembangunan pondok pesantren tersebut.
Demikianlah informasi tentang keunikan Masjid Perut Bumi (bawah tanah), Wisata Religi Menakjubkan di Tuban, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..


Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top