Pulau Giliyang Sumenep Madura, Sensasi Kadar Oksigen Terbaik Di Dunia

Pulau Giliyang (island) – Liburan ke pulau Madura memang sangatlah mengasikkan banyak pulau-pulau yang menawarkan keindahan alam yang masih alami seperti pulau gili labak yang memiliki kejernihan air lautnya membuat mata terlena dan pemandangan bawah lautnya yang sangat menawan, dan tahukah anda Madura juga punya sebuah pulau yang diklaim memiliki kadar oksigen terbaik sedunia, penasaran? ingin tahu seperti apa, oke berikut matajatim informasikan tentang pulau giliyang Madura lengkap dengan pesona keindahan, lokasi dan rute perjalanan menuju pulau giliyang.
Pulau Giliyang Sumenep
Pulau Giliyang Sumenep

Lokasi/Alamat Pulau giliyang Madura
Pulau giliyang ini terletak di wilayah kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Untuk sampai di pulau giliyang ini pengunjung harus menyebrang menggunakan perahu motor yang tersedia di pelabuhan dungkek. Dengan harga sewa kisaran Rp.300.000/perahu.

Pulau Giliyang Memiliki Kadar Oksigen Terbaik Di Dunia
Pulau ini dikenal dengan dua nama yaitu gila iyang dan gili elang menurut warga sekiar nama tersebut memiliki sejarah atasa asa lmuasalnya nama pulau tersebut yaitu:
Nama yang pertama yaitu Gila Iyang yang diartikan “gila dari nenek moyang” hal tersebut dikarenakan dahulu kala pulau tersebut menjadi tempat pembuangan orang gila dan pada saat pulau tersebut di temukan terdapat banyak orang gila yang menempati pulau tersebut.

Wisata Menarik Lainnya: 10 Tempat Wisata Di Madura, Terbaik yang Wajib di kunjungi


Nama yang kedua ialah Pulau Gili Elang yang mana nama tersebut diartikan sebagai “pulau yang hilang” (dalam bahasa Madura), menurut cerita yang berkembang dahulu kala pada zaman penjajahan belanda, pulau tersebut merupakan pulau yang tidak di temukan atau bisa di anggap hilang, sementara pulau lainnya di kawasan tersebut telah ditemukan. dan pulau ini menjadi Giliyang pada tahun 2006 oleh tim pembakuan nama repabumi.
Pesona Pulau Giliyang sumenep
Pesona Pulau Giliyang sumenep

Pulau giliyang ini juga dikenal dengan kandungan oksigen tertinggi nomer dua di dunia, klaim tersebut berdasarkan penelitian oleh Tim Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN pada ahir juli 2006, yang kemudian dilakukan lagi kaji ulang pada tahun 2011 tanggal 27 Desember oleh BLH (badan lingkungan hidup) sumenep dan jawa timur dan Bappeda.
Hasil dari penelitian tersebut pulau giliyang ini memiliki konsentrasi oksigen sebesar 20,9% dengan level explosif limit (LEL) 0,5%. Nilai kandungan tersebut berbeda dengan wilayah lain yang mempunyai nilai konsentrasi oksigen 20,9% dan LEL 0,0%. Ketika dikaji ulang, hasilnya pun sama yakni oksigen di pulau tersebut antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal. Dan tak heran jika pulau giliyang tersebut dijadikan destinasi wisata kesehatan.

Pesona Keindahan Pulau Giliyang Sumenep
Gili Labak memang lebih populer sebagai tujuan wisata di pulau Madura namun tahukan anda keindahan pemandangan alam dan panorama laut di pulau ini tidak kalah menariknya dari gili labak , dan memiliki beberapa spot yang bisa anda kunjungi seperti spot oksigen Batu Sponge, spot ini merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebihnya 15 meteryang ‘ditanami dengan pohon jati, untuk mencapai spot ini pengunjung akan melewati anak tangga yang berukuran cukup besar untuk mendaki ke puncak bukit tersebut, udara di bukit ini sangatlah sejuk dan segar  dengan peman dangan hamparan pasir pantai dan view laut yang menawan dan tentunya sangat keren dijadikan obyek foto-foto. Dan masih banyak spot lainnya yang bisa anda explore di pulau giliyang tersebut.
Demikianlah informasi tentang wisata Pulau Giliyang Sumenep Madura yang memiliki kadar oksigen tertinngi ke 2 di dunia. Semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda.

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top