Sejarah dan Kisah (silsilah) Sunan Kalijaga Lengkap

Sejarah (Kisah) Sunan Kalijaga- Sunan Kalijaga adalah salah satu sunan dari Sembilan wali yang dikenal dengan sebutan Wali Songo, kanjeng Sunan Kalijaga ini dikenal dengan cara berdakwahnya yang berbeda dengan wali lainnya bahkan cara berpakaiannya pun sangat berbeda, beliau lebih sering menggunakan pakaian khas Jawa dengan memakai blangkon atau Udeng dan beliau menggunakan pendekatan yang pass yaitu Budaya jawa karena beliau sadar tidak mungkin menggunakan budaya lain untuk menyampaikan ajaran islam secara tepat. Dan berikut matajatim.com akam mengulas tentang Sejarah dan Kisah Sunan kalijaga

Sejarah dan kisah sunan kalijaga
Sejarah dan kisah sunan kalijaga
Sunan Kalijaga  adalah putra dari adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilaktikta atau Raden Sahur, beliau lahir pada tahun 1450 dengan Nama Raden Said, sunan kalijaga juga dikenal dengan beberapa sebutan atau nama antara lain Lokajaya, Syeh Malaya, Raden Abdurrahman dan Pangeran Tuban.

Silsilah Sunan Kalijaga
Untuk asal usul sunan kalijag terdapat dua versi yang berkembang, yanbg pertama menurut catatan Babad tuban yang juga diperkuat dengan catatan mahsyur penulis dan bendahara portugis Tome Pires pada tahun (1468-1540) bahwasannya penguasa Tuban pada tahun 1500 M adalah cucu dari penguasa islam pertama dituban yaitu Aria Wilaktikta yang mana beliau adalah ayah dari kanjeng sunan kalijaga (Raden Mas Said) adapun pendapat keduan menyatakan bahwa sunan kalijaga merupakan keturunan Arab dan pendapat tersebut berdasarkan keterangan penasehat khusus pemerintahan colonial belanda Van Debn Berg (1845-1927) menyatakan bahwasannya kanjeng sunan kalijaga adalah keturunan Arab yang silsilahnya sampai ke Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa  Wasallam, dan hal tersebut juga diperkuat dengan pendapat sejarawan lain seperti De Graaf yang juga menilai bahwa Aria Teja (Abdul Rahman) alias Sunan Kalijaga memiliki silsilah dengan Ibnu Abbas atau Paman Muhammad.

Riwayat Sunan Kalijaga
Semasa hidup beliau diperkirakan mencapai lebih 100 Thun , dengan demikian beliau mengalami akhir kekuasaan kerajaan Majapahit pada tahun 1478, kesultanan Demak, Kesultanan Cirebon dan Banten hingga Kerajaan Panjang yang lahir pada 1546 serta awal kelahiran Kerajaan Mataram yang dipimpin oleh penembahan Senopati, dan beliau juga ikut pula dalam perancangan pembangunan Masjid Agung Cirebon dan Masjid Agung Demak. (Tiang Tatal) atau pecahan kayu yang juga merupakan salah satu dari tiang utama masjid merupakan kreasi dari Sunan Kalijaga.

Pernikahan
Menurut Riwayat Kanjeng Sunan Kalijaga menikah dengan Dewi Saroh Binti maulana Ishak dan beliau mempunyai 3 Keturunan yaitu R. Umar Said (sunan muria), Dewi Rakayuh dan Dewi Sofiah, Maulana Ishak Sendiri memilikmi anak yang bernama Sunan Giri dan Dewi saroh (mereka kakak adik)

Lihat Juga : Lagu Pemanggil mahluk halus Ciptaan Sunan kalijaga

Berdakwah
Menurut cerita yang berkembang, sebelum menjadi Walisongo, Raden Said adalah seorang perampok yang mengambil kekayaan orang-orang kaya dan hasilnya tersebut dibagikan kepada masyarakat yang miskin dan pada suatu ketika beliau berada di tengah hutan dan bertemu dengan seorang kakek tua yang bertongkat, kakek tersebut adalah Sunan Bonang , karena tongkat tersebut terlihat seperti Emas ia merampas tongkat itu dan mengatakan akan di bagikan kepada orang miskin namun kakek tersebut tidak membenarkan cara itu ia menasehati Raden Said bahwa Allah S.W.T tidak akan menerima amal yang buruk lalu sang kakek (sunan bonang) menunjukkan pohon aren Emas dan mengatakan bila Raden ingin mendapatkan harta tanpa berusaha maka ambillah buah aren emas (yang ditunjuk oleh sunan bonang) . dankarena itulah Raden Said ingin menjadi murid Sunan Bonang  dan Sunan Bonang Menyuruh Raden Said untuk bersemedi sambil menjaga tongkatnya yang ditancapkan ke tepi sungai, dan raden saih tidak boleh beranjak sebelum sunan bonang datang, raden saidpun melaksanakan perintahnya , beliau menjadi tertidur dalam waktu yang lama, karena lamanya rerumputan dan akar trelah menutupi dirinya, tiga tahun kemudian sunan bonang datang dan membangunkan raden said , karean ia telah menjaga tongkatnya yang di tancapkan ke sungai maka beliau diganti namanya menjadi Sunan Kalijaga, dan beliau diberi pakaian dan pelajaran agama oleh Sunan Bonang. Namun cerita ini banyak diragukan oleh para Ulama berpaham Salaf dan para sejarawan karena  tidak masuk akal dan bertentangan dengan ilmu syariat.

Makam Sunan Kalijaga
Ktika wafat beliau dimakamkan di Desa Kadilangu yang lokasinya cukup dekat dengan Kota Demak (bintara) yang kini makam tersebut menjadi wisata religi yang di Ziarahi oleh orang-orang dari seluruh Indonesia.
Selain dikenal dengan sejarah dan ceritanya kanjeng sunan kalijaga juga memiliki beberapa ilmu dan ajian ghaib yang kini masih bisa ditemukan di beberapa pelosok dunia,  penasaran? Bisa lihat disini : ilmu peninggalan sunan kalijaga.

Demikianlah Ulasan tentang Sejarah dan Kisah (silsilah) Sunan Kalijaga Lengkap, Semoga bermanfaat..


Sangat berterimakasih sekali jika pengunjung yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top