Danau Kamaka di Papua Barat Kenapa Sering disebut Danau Perawan ?

Danau Kamaka Papua Barat - Ternyata keajaiban dari tanah Papua bukan hanya Raja ampat saja, tapi juga ada danau perawan yang disebut sebagai Danau Kamaka. Keajaiban dari danau ini ialah bahwa ia memiliki perbedaan pasang surut yang sangat ekstrim, sehingga waktu yang dibutuhkannya terkadang mencapai 8 tahun! Danau ini masih bersih, nyaris tak tersentuh polusi dari kegiatan manusia sehingga masih terasa keperawanan dan keindahan alamnya. Terletak di Teluk Triton, Kaimana, Papua Barat, dinyatakan bahwa perbedaan waktu pasang surut yang ekstrim ini menjadi keunikan utama Danau Kamaka. Ketika surut, biasanya masyarakat sekitar akan menggunakan tanah yang kosong dari air yang menghilang tersebut untuk bercocok tanam akan beragam jenis tanaman.

wisata danau kamaka papua barat
Namun, pada saat danau sedang pasang, terdapat hamparan air biru yang menenangkan, ditambah dengan pemandangan bukit yang hijau dan menjadi pelengkap. Danau ini memiliki banyak hewan laut dimulai dari ikan, udang air tawar, hingga lobster!

Tips saat di Danau Kamaka

Karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup karena akan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar tempat ini.

wisata danau kamaka
wisata danau kamaka
Lihat Juga : Museum Sandi Jogja (Tiket Masuk dan Lokasi)

Transportasi

Nah, tertarik menyambangi Danau Kamaka? Memang perjalanannya cukup sulit. Jika Anda berangkat dari Sorong, gunakan pesawat menuju Kaimana. Lalu, lanjutkan perjalanan Anda dengan boat sewaan selama 2 jam. Karena biaya penyewaan boat cukup mahal, berangkat dalam kelompok besar akan lebih menguntungkan Anda. Dari Desa Kamaka, lakukan trekking sejauh 7 kilometer dan akhirnya Anda akan sampai di tempat ini. Akan ada pemandu yang membantu Anda melewati perjalanan, dengan menerobos hutan dan sempat melihat beberapa burung khas Papua yang terdapat di dalam hutan yang syahdu ini.

tempat wisata danau kamaka papua barat
tempat wisata danau kamaka papua barat

Kegiatan

Nikmati panorama yang indah, kebebasan berkelana di hutan, kesempatan menemukan lobster air tawar, dan juga melihat kijang dan burung khas Papua selama berada di sini. Anda diperbolehkan berenang di air yang sejuk ini. Selain itu, nikmati pula berjalan-jalan di tepi danau kamaka sambil memperhatikan biota danau yang cukup beragam sekaligus.



Demikian adalah ulasan mengenai danau kamaka papua barat. Bumi Indonesia memang luas dan sangat harus kalian kunjungi. Jika kalian mempunyai komentar mengenai ulasan danau kamaka diatas silahkan kalian tulis di kolom komentar. Sekian dari jejaksandal dot com dan semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kalian. Have fun travelling :D.

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top