Spot Selancar Sungai Kampar yang Menjadi Fenomenal di Dunia

Selancar Sungai Kampar - Berselancar di sungai adalah kegiatan unik yang dapat Anda lakukan di Sungai Kampar. Ya, Anda tidak salah baca. Sungai ini memang berbeda dari yang lain sehingga banyak surfer dari luar negeri yang ingin merasakan gelombangnya yang menantang. Sungai ini berada di Desa Pulau Muda, Pelalawan, Riau. Gelombang yang menjadikan sungai ini bisa menjadi tempat berselancar sering disebut dengan Gelombang Bono. 

Gelombang Bono ialah fenomena alam yang disebabkan oleh arus pasang air laut dengan sungai yang saling bertemu. Namun, ia hanya akan terjadi di kisaran bulan Agustus-Desember saja, sehingga waktu kunjungan juga terbatas. Gelombang ini memiliki kecepatan tinggi hingga mencapai angka 40 km/jam dan ketinggiannya pun bisa berkisar antara 4-6 meter. Maka dari itu, gelombang ini tidak disarankan bagi peselancar pemula. Para peselancar internasional langsung tertarik pada fenomena ini dan ingin menantang kedahsyatan gelombang ini.

selancar di sungai kampar riau
selancar di sungai kampar riau

Akomodasi

Di Teluk Meranti Anda bisa menemui beberapa homestay yang cukup nyaman dan tarifnya pun cukup terjangkau.

Tips

ombak sungai kampar riau
Bila Anda ingin mencoba mengarungi Bono, pastikan Anda benar-benar teredukasi mengenai kegiatan surfing dan sudah di level profesional. Bila Anda adalah peselancar pemula, Sungai Turip, Kerumutan, dan Serkap juga menyediakan gelombang yang lebih kecil.

Transportasi

Dari Pekanbaru, Anda harus menghabiskan waktu perjalanan 6 hingga 7 jam ke Desa Teluk Meranti, tempat sungai ini terletak, bila menggunakan jalur darat. Namun, juga tersedia jalur air dari Pangkalan Kerinci dengan yaitu speedboat yang memakan waktu 2 jam, namun tidak semua speedboat akan mau mengantar ke Tanjung Sebayang terutama di saat kemunculan Bono, karena akan cukup beresiko.

Kegiatan

Seorang peselancar asal Inggris, Steve King, memecahkan rekor dunia berselancar Bono pada Februari 2013. Ia berhasil berselancar di atas gelombang Bono dalam waktu 1 jam 4 menit dengan jarak tempuh sekitar 20,65 km.

serunya selancar di sungai kampar riau
serunya selancar di sungai kampar riau
Baca Juga : Pantai Bingin Bali, Pantai Indah para Surfer

Gelombang Bono di Sungai Kampar ini memang bisa memanjakan peselancar bermain tanpa henti sampai lebih 30 menit, padahal jika di laut, mereka biasanya hanya bertahan dalam hitungan menit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan river boating, rafting, river kayaking, dan kegiatan lainnya selama berada di sungai ini. Namun, patut diingat bahwa gelombang ini termasuk berbahaya, sehingga Anda perlu berhati-hati di setiap saat.

Demikian adalah ulasan spotselancar sungai kampar riau di Desa Teluk Meranti. Untuk kalian yang suka dengan kegiatan olahraga selancar di sungai tidak ada salahnya kalian mencoba spot sungai kampar ini. Sekian ulasan dari jejaksandal dot com. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat jejaksandal dan jangan lupa tulis komentar kalian di bawah artikel ini ya.

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top