Taman Nasional Gunung Palung di Kalimantan

Taman Nasional Gunung Palung - Memiliki luas sekitar 90.000 hektar, Taman Nasional Gunung Palung menjadi kantung nafas dunia yang cukup signifikan dan menjadi pusat kawasan pelestarian alam denagn keanekaragaman ekosistem yang memiliki nilai tinggi. Beriklim tropis dengan rata-rata curah hujannya sekitar 3.000 mm per tahun dan suhunya berkisar antara 25,5° - 35° C, dalam hutan ini terdapat beragam pusat kehidupan, dimulai dari hutan rawa, hutan pamah tropika, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, rawa gambut, juga hutan pegunungan yang ditutupi kabut.

taman nasional gunung palung
taman nasional gunung palung
Terletak di kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, taman ini adalah yang terbaik di daerah Kalimantan, karena kebanyakan area di hutan ini merupakan bagian dari hutan primer yang belum tersentuh oleh kegiatan manusia, sehingga komunitas flora dan fauna liar pun cukup berkembang di sekitar 65% area ini. Salah satu tumbuhan yang cukup berharga dan unik di sini ialah anggrek hitam di sekitar Sungai Matan pada durasi Februari hingga April. Kenapa anggrek ini menarik? Bunganya memiliki corak hijau dengan beberapa bercak hitam di bagian tengah dan hanya mekar dalam durasi 5 hingga 6 hari saja.

Akomodasi

Memang tidak ada akomodasi khusus yang tersedia di sekitar tempat ini, namun bila Anda ingin berpetualang dan butuh tempat peristirahatan, maka tersedua pondok jaga, pos jaga, stasiun penelitian, dan menara pandang/pengamat yang bersedia menampung Anda untuk sementara.

Tips

indahnya taman nasional gunung palung kalimantan
indahnya taman nasional gunung palung kalimantan

Pecinta alam dan keanekaragaman hayati wajib singgah di tempat ini. Di dalam taman nasional ini, ada 35 jenis mamalia dan 190 jenis burung yang bisa ditemui. Beberapa satwa yang paling sering terlihat merupakan bekantan, orangutan, bajing tanah bergaris empat, kijang, beruang madu, beruk, klampiau, kukang, rangkong badak, kancil, ayam hutan, enggang gading, buaya siam, kura-kura gading, dan penyu tempayan. Salah satu binatang paling langka dan sulit untuk dilihat ialah tupai kenari.

Transportasi

alam taman nasional gunung palung kalimantan


Untuk menuju tempat ini, Anda bisa menggunakan penerbangan dari Pontianak ke Ketapang yang memakan waktu di udara sekitar satu setengah jam, lalu lanjutkan perkalanan ke Sukadana dengan kendaraan bermotor selama 4 jam. Naiki speed boat dari Pontianak ke Teluk Batang selama 4 jam.


Demikian adalah ulasan mengenai taman nasional gunung palung. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang menjelajah pulau Kalimantan. Jangan lupa beri komentar juga mengenai taman nasional gunung palung ini di bawah artikel ini ya. Sekian dari jejaksandal dot com dan terima kasih.

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top