Tempat Peristirahatan Terakhir Nenek Moyang Suku Mandar

Bisa dikatakan bahwa nenek moyang dari suku Mandar yang berada di daerah Kerajaan Banggae Majene pintar dalam memilih tempat untuk pemakaman para raja dan keluarga mereka. Pemakaman Kerajaan Raja Royal Banggae dan Hadat ini sudah berusia tua, dan terletak di daerah Bukit Ondongan yang secara strategis menghadap ke Teluk Majene. Lokasi dari tempat ini adalah di desa Pang Ali-ali, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene.

suku mandar
suku mandar
Nenek moyang Kerajaan Banggae Majene kuno beristirahat terakhir di Bukit Ondongan ini. Beberapa cerita menyatakan bahwa pemilihan lokasi yang berada di atas bukit ini adalah dengan alasan agar nantinya para nenek moyang yang telah meninggal dari Kerajaan Banggae Majene akan mampu memberikan pengawasan bagi keturunan mereka yang berikutnya yang akan berada di sekitar area bawah bukit, hingga nanti mereka pergi jauh dan berlayar ke tempat lainnya sekalipun. Kompleks pemakaman ini memuat sekitar 480 makam. Setiap makam ini dibuat dari bahan-bahan yang variatif, mulai dari batu tanah, batu lava, juga kayu. Makan ini pun kemudian diberikan hiasan dengan semacam simbol geometris, termasuk juga kaligrafi Arab dan simbol swastika. Variasi atas simbol ini menandakan misteri tersendiri yang hendaknya dipecahkan, menceritakan simbol Islam dan Hindu yang dahulunya kental di daerah ini. Untuk menjaga kelestarian tempat ini, Kompleks Makam Raja-Raja Banggae dan Hadat kini sudah didaftarkan sebagai bagian dari Cagar Budaya.

adat suku mandar sulawesi barat
adat suku mandar sulawesi barat

Penelitian menyatakan bahwa pemakaman ini didirikan sejak abad ke-16 dan ke-17, namun hingga sekarang masih belum diketahui siapa pemilik dari makam tersebut.

Akomodasi

Anda bisa memilih tempat untuk beristirahat di malam hari di sekitar Kabupaten Majene yang akan menyediakan beberapa tempat penginapan yang cukup nyaman.
baju poyko pakaian adat suku mandar
baju poyko pakaian adat suku mandar

Transportasi

Lokasi pemakaman raja-raja Banggae dan Hadat Mandar Majene ini terletak sekitar 2.5 km dari pusat Kota Majene. Anda bisa menuju ke sini dengan menempuh perjalanan dari Mamuju ke Majene melewati jalan antarkota dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.


Demikian adalah artikel mengenai komplek makam raja banggae dan hadat mandar majene. Sekian dari jejaksandal dot com dan semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Artikel JejakSandal Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top